Cara Screenshot di iPhone

Cara Screenshot di Hp iPhoneSama halnya dengan smartphone Android, iPhone juga dilengkapi dengan fitur screenshot yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna sesuai dengan kebutuhannya. Diantara kegunaan screenshot adalah bisa ‘mengambil foto’ dari tampilan layar pada saat itu. Sebagai salah satu contoh di saat kamu sedang Facebook-an, lalu ada satu status teman yang menarik perhatian kamu, dengan screenshot kamu bisa ‘mengambil foto’ status Facebook teman kamu tersebut. Cara screenshot iphone tersebut tentu lebih mudah dan simple dibandingkan dengan metode yang lain.

Jika kamu termasuk salah seorang pengguna smartphone iPhone dan belum mengetahui cara menggunakan fitur screenshotnya, kamu bisa menyimak penjelasan yang akan disampaikan di bawah ini. Setidaknya terdapat dua cara screenshot iphone yang dapat dicoba untuk mengambil screenshot di HP iPhone kamu yaitu dengan menggunakan tombol dan satu lagi lewat menu yang terdapat di pengaturan ponsel besutan perusahaan raksaa Apple tersebut. Oh ya, cara ini hanya berlaku untuk HP iPhone versi 2.xx ke atas (iPhone 3G,iPhone 3GS,iPhone 4,iPhone 4S,iPhone 5,iPhone 5C,iPhone 5S,iPhone 6,iPhone 6S,iPhone SE,iPhone 7,iPhone 8,iPhone X,iPhone XS,iPhone XR) , sementara untuk iPhone versi 1.xx tidak bisa diterapkan. Berikut kedua cara screenshot di ponsel iPhone:

Cara Screenshot Hp iPhone

Cara Screenshot iPhone

  1. Cara Screenshot iphone menggunakan tombol Home dan Lock

Cara pertama untuk mengambil tampilan layar lewat fitur screenshot di smartphone iPhone ini mirip dengan cara screenshot samsung atau hp android lainnya yaitu dengan menekan tombol Lock secara bersamaan dengan tombol Home. Tombol Home adalah yang terletak pada bagian bawah ponsel, sementara tombol Lock ada di sisi atas. Untuk melakukannya sangat mudah, yaitu tekan dan tahan tombol Home, lalu sesegera mungkin tekan pula tombol Lock, jangan lepaskan sampai kamu mendengar bunyi “Krekk” dan layar ponsel berkedip yang menandakan bahwa proses pengambilan screenshot sudah berhasil dilakukan.

Advertisement

Lalu di mana gambar tangkapan layar tersebut tersimpan? Dalam pengaturan default-nya, gambar hasil screenshot akan otomatis masuk ke dalam aplikasi “Photos” pada bagian folder “Camera Roll”. Jadi setelah selesai melakukan screenshot dan ingin melihat hasilnya, silahkan buka aplikasi Photos tersebut.

  1. Screenshot iPhone lewat AssistiveTouch

Jika karena sesuatu hal tombol Lock dan Home ponsel iPhone kamu tidak bisa digunakan untuk mengambil screenshot, mungkin karena salah satu tombol tersebut rusak sehingga tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya atau karena penyebab lain, kamu bisa memakai alternatif kedua yakni melalui fitur AssistiveTouch. Kasus tidak berfungsinya salah satu tombol fisik ada iPhone banyak dialami pengguna yang membeli iPhone dalam kondisi bekas.

Advertisements

Inti dari metode ini adalah kamu memasukkan menu screenshot ke dalam AssistiveTouch yang memang tersedia pada HP iPhone untuk tujuan kostumisasi. Jadi untuk mengambil screenshot pun pastilah tidak sulit. Langkah pertama silahkan buka menu AssistiveTouch, lalu tap ikon “+” dan masukkan screenshot ke dalamnya. Nanti saat ada tangkapan layar yang mau diambil, tinggal buka menu AssistiveTouch dan ketuk pada screenshot, selesai.

Untuk gambar hasil tangkapan layar pada iPhone menggunakan metode AssistiveTouch ini sama dengan lokasi penyimpanan default screenshot pakai tombol Home dan Lock yakni di aplikasi Photos kemudian buka lagi Camera Roll.

Bagaimana, cukup mudah bukan ambil screenshot di iPhone? Kedua cara di atas sama-sama sederhana dan udah untuk diterapkan, jadi bisa disesuaikan dengan selera kamu masing-masing. Jika tombol fisik HP iPhone milikmu masih bagus, tentu memakai metode yang dijelaskan pada poin pertama di atas lebih gampang, sebaliknya kalau salah satu dari tombol fisik tersebut mengalami masalah, kamu bisa beralih pada cara kedua yaitu dengan memanfaatkan menu AssistiveTouch.

 

Advertisements
Cara Screenshot di iPhone | adminTG | 4.5
error: Content is protected !!