Cara Mengembalikan IMEI Yang Hilang Pada Android

Cara Mengembalikan IMEI Yang Hilang Pada AndroidAndroid merupakan sebuah sistem operasi smartphone dengan pengguna terbanyak saat ini. Para pengguna Handphone Android sendiri tersebar di seluruh penjuru dunia. Sejak kehadirannya beberapa tahun yang lalu, OS besutan perusahaan raksasa Google tersebut memang telah sukses merajai pasar OS smartphone dunia. Faktor yang menyebabkan kepopuleran yang dicapai itu bisa jadi karena kemudahan dalam mengoperasikan, sehingga siapa saja dengan mudah dapat memakai.

Jika ditinjau dari tipe pengguna hp Android sendiri sangatlah beragam, ada yang hanya sekedar pemakai tanpa mengotak-atik perangkatnya, namun ada pula pengguna yang justru senang sekali ‘bereksplorasi’ dengan HP Android miliknya. Nah, untuk tipe pengguna yang terakhir disebutkan, akan sangat rentan terjadinya kerusakan OS yang terinstal di dalam smartphone, apakah karena proses rooting, coba-coba dan berbagai penyebab lain. Salah satu jenis kerusakan yang kerap dialami adalah hilangnya nomor IMEI hp yang tentu saja akan menyebabkan ponsel tidak bisa menerima sinyal dari operator.

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang lebih kurang sama dengan sidik jari dari sebuah ponsel. Jadi, setiap ponsel merek apapun yang ada di dunia mau itu samsung, huawei, xiaomi, oppo dan lain lain pastilah mempunyai nomor IMEI yang berbeda antara satu dengan yang lain, dijamin tidak akan ada yang sama. Untuk kasus hilangnya nomor IMEI, mau tidak mau pengguna harus mengembalikan nomor penting tesebut kalau ingin ponsel berfungsi sebagai mana mestinya. Lalu bagaimana cara mengembalikan nomor IMEI hilang, tidak valid atau rusak tersebut? Kamu bisa mencoba langkah-langkah di bawah ini.

Cara Mengembalikan IMEI Yang Hilang Pada Android

IMEI Yang Hilang Pada Android

Advertisements
Advertisement
  1. Buka menu dial telepon yang biasa digunakan untuk mengetik nomor HP yang akan ditelpon, lalu ketikkan *#*#3646633#*#* atau kalau tidak bisa memakai kode tersebut, silahkan coba ketikkan *#7465625#.
  2. Nanti kamu akan masuk ke dalam menu baru yang terbuka yaitu “Enginering Mode”. Selanjutnya pilih “Connectivity atas”, lanjutkan dengan memilih lagi “CDS information” seterusnya “Radio information”.
  3. Akan muncul menu SIM 1 atau SIM 2 jika jenis ponsel adalah dual-SIM. Pilih salah satu yang akan dikembalikan nomor IMEI-nya.
  4. Masukkan kode berikut AT<spasi>+EGMR=1,7,”IMEI SIM 1″. Silahkan masukkan nomor IMEI SIM 1 dalam contoh ini. Untuk mengetahui nomor IMEI SIM 1 atau SIM 2, lihat pada bagian bawah baterai ponsel, karena biasanya memang ditulis di sana. Jangan lupa untuk mengganti <spasi> dengan menekan sekali tombol space pada keyboard virtual ponsel.
  5. Setelah selesai memasukkan kode seperti di atas, lanjutkan dengan tap pada tulisan “Send At Command”
  6. Selesai, kemudian restart ponselnya. Kalau semuanya kamu lakukan dengan tepat, seharusnya nomor IMEI HP yang hilamg sudah bisa dikembalikan dengan selamat.

Untuk melakukan pengecekan apakah pengembalian IMEInya berhasil, silahkan ketikkan #*06# pada menu dial telepon, jika nomor sudah muncul sesuai dengan nomor IMEI asli HP, berarti sudah sukses mengembalikan nomor IMEI yang hilang tersebut. Untuk lebih meyakinkan diri sendiri, silahkan coba pasang kartu SIM yang masih aktif dan kalau ternyata ada sinyal yang muncul, berarti itu menunjukkan langkah-langkah cara mengembalikan IMEI yang hilang pada Android sudah berhasil dilakukan. Oh ya, cara yang disampaikan di atas adalah metode yang paling mudah menurut Admin, karena tidak diperlukan proses root android pada ponsel terlebih dahulu, sehinggak tidak akan menimbulkan efek yang macam2 pada hp anda. Tentu berbeda dengan metode lain yang rata-rata masih memerlukan akses root untuk mengembalikan IMEI yang hilang tersebut. Dengan memakai cara yang disampaikan dalam tulisan ini, kamu tidak perlu melakukan itu semua.

Advertisements
Cara Mengembalikan IMEI Yang Hilang Pada Android | adminTG | 4.5
error: Content is protected !!