posted on: 30 October 2019

Cara Daftar Internet Banking BRI

Cara Mendaftar Internet Banking BRITekno Gress, Melakukan transaksi online sudah jamak dilakukan sekarang ini. Lebih-lebih untuk mereka yang super sibuk, bertransaksi perbankan di kantor bank atau ATM mungkin tak lagi sempat. Tak heran jika bank-bank di Indonesia pun mulai menawarkan layanan internet banking dalam memudahkan nasabah ketika bertransaksi, Internet banking Mandiri, Internet Banking BNI, BCA, juga termasuk BRI. Bank Rakyat Indonesia atau BRI sebagai cikal bakal bank di tanah air memiliki fasilitas internet banking. Cara daftar internet banking bri mudah, nasabah dapat mengurusnya di cabang BRI terdekat. Syarat memiliki akun Internet Banking BRI pun tak ribet.

Syarat memiliki akun Internet Banking BRI, nasabah tinggal mempersiapkan KTP, SIM, atau paspor dan buku tabungan BRI atau bukti pemilik rekening. Tahapan membuat akun internet banking BRI adalah sebagai berikut :

Cara Mendaftar Internet Banking BRI

Cara Daftar Internet Banking BRI

Cara MenDaftar Internet Banking BRI

1. Daftar Internet Banking BRI di cabang

Menemui customer service, nasabah diminta untuk melengkapi dan menandatangani form aplikasi internet banking yang diberikan. Isi semua data dengan lengkap tak terkecuali nomor Hape dan email. Nasabah memberikan KTP, atau SIM, atau paspor dan buku tabungan. Nasabah diwajibkan membuat User ID dan password. Pihak CS akan melakukan aktivasi akun internet bank bri milik nasabah. Nasabah akan menerima SMS verifikasi untuk mengaktivasi akun SMS banking. Nasabah pun diharuskan membuat password untuk mTOKEN. mTOKEN ini selanjutnya digunakan ketika bertransaksi lewat inter banking bri.

BACA JUGA  Cara Mengatasi Akun Gojek Yang Nyangkut di HP/Device Lain
Advertisements

2. Mendaftar Internet Banking BRI di ATM BRI

Pilih ATM BRI terdekat dan seperti biasanya masukkan kartu ATM lalu input nomor PIN. Dari menu-menu utama di layar, tekan MENU LAINNYA lalu tekan REGISTRASI. Klik pada INTERNET BANKING kemudian ketikkan 6 digit PIN baru. Ketikkan sekali lagi PIN baru tersebut untuk konfirmasi. Apabila prosesnya berhasil maka di layar akan ditampilkan User ID. Jangan lupa untuk menyimpan kertas struk yang keluar. User ID dan PIN tersebut selanjutnya dipakai untuk log-in ke website internet banking BRI saat ingin bertransaksi.

Advertisement

Sesudah itu nasabah masih harus melakukan aktivasi internet banking di website BRI yang langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

– Akses situs www.ib.bri.co.id dan di halaman depan, ketikkan “username“ dan “password“ menggunakan User ID dan password yang diperoleh ketika pendaftaran.

– Ketika di halaman persetujuan internet banking BRI, poin-poin yang ditampilkan harus dibaca dengan teliti. Berikan persetujuan dengan mengklik tombol “Saya setuju”.

– Berikutnya nasabah diwajibkan mensetting ulang password yang telah dibuat tadinya. Password mesti berisi 8-12 karakter menggunakan gabungan antara angka dan huruf. Di bagian ini, nasabah pun diwajibkan mengetikkan alamat email. Alamat email tersebut digunakan mengirimkan laporan semua transaksi yang sudah dilakukan nasabah dari internet banking BRI.

– Kini nasabah sudah dapat menggunakan layanan internet banking seperti cek saldo, cek mutasi rekening. Bilamana nasabah hendak mentransfer, mengisi pulsa Hp, melunasi tagihan listrik hingga memesan tiket pesawat, maka mereka wajib memiliki mTOKEN.

BACA JUGA  Tips Optimal Pemakaian Hp Android

– Bilamana nasabah melakukan registrasi internet banking dengan datang langsung ke kantor BRI maka sudah pasti akan memperoleh mTOKEN. Akan tetapi, bila nasabah mendaftar di ATM BRI maka mereka mesti datang ke cabang BRI terdekat untuk meminta mTOKEN. Cukup dengan mengisi form pendaftaran, tunjukkan KTP dan juga buku tabungan. Begitu terdaftar, nasabah akan menerima nomor aktivasi mTOKEN. Aktivasi mTOKEN dapat dilakukan dari internet banking.

– Di situs internet banking BRI, pilih menu “aktivasi mTOKEN“. Ketikkan nomor aktivasi yang diperoleh dari SMS notifikasi, kemudian klik tombol “kirim“. Begitu mTOKEN aktif, nasabah sudah dapat melakukan segala transaksi baik non keuangan maupun keuangan.

error: Content is protected !!