Cara Backup Data Pada Android

Cara Backup Data Pada Android – Saat ini smartphone sama pentingnya atau bahkan lebih penting dari komputer di rumah anda. Banyak orang menggunakan smartphone mereka setiap hari dan mengisi smartphone tersebut dengan berbagai data penting seperti email, kontak telepon, dan jadwal kerja juga tidak ketinggalan foto-foto dan video-video.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan seperti smartphone rusak atau hilang maka hal yang perlu dilakukan adalah dengan cara membackup data-data penting tersebut ke tempat lain seperti laptop, SD card atau tempat penyimpanan data online, sehingga anda tidak akan kehilangan data-data penting yang ada di smartphone Android anda.

Dibawah ini ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk backup data Android ke media penyimpanan lainnya, agar anda tak kehilangan data-data penting tersebut bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada smartphone yang anda miliki: 

Cara Backup Data Android

Cara Backup data Android

Advertisement

Google Sync

Google Sync yang sudah dintegrasikan pada perangkat Android anda bisa anda gunakan sebagai media penyimpanan data online. Jika anda ingin mengaktifkannya anda tinggal masuk ke Setting kemudian pilih menu personal lalu pilih back up dan reset. Setelah itu beri tanda centang (v) pada pilihan backup dan automatic restore. Setelah melakukan langkah tersebut, tahapan selanjutnya adalah anda harus kembali ke Setting lalu pilih menu personal  kemudian pilih account dan sync. Setelah itu pilih akun google pada perangkat Android anda untuk menampilkan daftar data yang akan disinkronisasikan kedalam Google Backup. Bila anda ingin menggunakan cara ini sebaiknya anda mendownload terlebih dahulu aplikasi tertentu di Google Play Store seperti My Phone Explorer. 

Backup Data Android Secara Manual

Terkadang untuk memberikan rasa kenyamanan dan rasa lebih aman adalah dengan cara backup data android penting yang ada di perangkat android anda ke komputer atau laptop. Backup manual seperti ini juga cukup mudah anda tinggal menghubungkan perangkat Android anda ke komputer/laptop dengan menggunakan kabel data. Setelah terhubung anda tinggal klik dan tarik (copy paste) data-data penting yang ada di perangkat Android anda ke komputer. Jika perangkat Android anda dilengkapi dengan micro-SD card seperti Samsung Galaxy maka itu akan lebih memudahkan anda untuk menyalin data-data penting anda ke komputer. Anda tinggal mengambil micro-SD card yang biasanya dipasang di bawah tempat baterai pada handphone Android kemudian anda masukan microSD card tersebut ke komputer anda dan copy semua data penting tersebut. Sebaiknya jika anda memilih backup secara manual anda melakukannya sebulan sekali. 

Backup SMS dan Call Log

Jika anda ingin menyimpan SMS penting, anda bisa menggunakan aplikasi SMS Backup +. Aplikasi ini akan dengan cepat membackup semua pesan singkat dan semua call log kedalam cloud, bahkan anda dapat menyimpannya langsung ke Gmail. Nantinya, sebuah label baru (berbeda dengan “inbox”) akan diberi label “SMS” dan anda akan memiliki semua SMS dan data panggilan yang tersimpan di Gmail anda. 

Advertisements

Aplikasi My Backup Pro Untuk backup data Android

Akhirnya ada solusi yang dapat membackup semua data penting anda, yaitu dengan menggunakan aplikasi seperti My Backup Pro. Aplikasi android ini biasanya mempunyai batas kuota atau memerlukan biaya langganan tetapi dengan aplikasi ini anda dapat merasa aman sepenuhnya membackup data lewat aplikasi ini. Aplikasi ini bukan hanya berguna sebagai backup data saja tetapi juga dapat menyimpan data kontak, sms, call log dll.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan bila ingin melakukan backup data yang berasal dari gadget Android anda. Dengan melakukan cara backup data android tersebut maka anda tak perlu khawatir lagi bila sewaktu-waktu ada hal-hal yang tidak anda inginkan terjadi pada smartphone anda, seperti ponsel pintar kesayangan anda itu rusak atau hilang. Oleh sebab itu untuk meminimalisir resiko data-data penting yang anda miliki itu juga ikut hilang maka sebaiknya terlebih dahulu anda memastikan bahwa data-data penting yang ada di dalam smartphone tersebut sudah ada back up-nya sehingga bila smartphone anda rusak atau hilang setidaknya anda tak kehilangan berbagai jenis data penting tersebut.

Advertisements
Cara Backup Data Pada Android | adminTG | 4.5
error: Content is protected !!