Cara Mengatasi Tulisan Periksa di Meter Listrik Dengan Kode Temper

Cara mengatasi tulisan periksa di Meteran Listrik – dewasa ini banyak pelanggan PLN yang menggunakan listrik model Prabayar. Listrik model Prabayar merupakan salah satu layanan PLN yang menggunakan sistem pulsa/token listrik. Dengan model prabayar, pengguna harus mengisi pulsa listrik terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan listrik. esarnya pulsa bervariasi, mulai dari 20 ribu hingga 200 ribu. Penggunaan listrik Prabayar ini sudah dimulai sejak beberapa tahun yang lalu, dan pelan tapi pasti menggantikan listrik pascabayar yang selama ini digunakan oleh masyarakat.

Dengan menggunakan model listrik Prabayar pengguna bisa memonitor penggunaan listrik karena bisa membatasi penggunaan listrik atau pulsa. Model listrik prabayar juga berbentuk digital sehingga bisa terlihat jumlah meter listrik yang digunakan. Dengan begitu bisa memantau pengeluaran listrik tiap bulan. Namun di sisi lain ternyata penggunaan meter listrik prabayar juga menuai kritik. Hal itu karena tak sedikit meteran listrik yang bermasalah. Salah satu masalah yang sering dikeluhkan adalah munculnya tulisan periksa di meteran listrik prabayar.

Cara Mengatasi Tulisan periksa di Meteran Listrik Prabayar

Cara Mengatasi Tulisan periksa di Meteran Listrik Prabayar

Pernahkah kamu mendapati masalah muncul tulisan Periksa di Meteran Listrik prabayar? tentu saja bagi yang tidak tahu, langsung panik. Kenapa kok muncul tulisan PERIKSA di meteran? bahaya atau tidak jika mengalami error meteran seperti itu? masalah error tulisan periksa pada meteran listrik Prabayar bukan masalah habis pulsa namun lebih ke masalah instalasi listrik yang belum benar. Oleh sebab itu penting untuk mempelajari terlebih dahulu penyebab muncul tulisan PERIKSA di meteran listrik prabayar.

Baca juga : Cara Mematikan Alarm Listrik Meteran Prabayar

Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan muncul Error tulisan periksa di meteran listrik prabayar.

  1. Kualitas kabel
    Salah satu penyebab munculnya tulisan periksa di meteran listri adalah kualitas kabel yang digunakan di bawah standar. Standarnya, kabel intalasi listrik primer adalah 1,5 mm, jika menggunakan kabel dengan ukuran di bawah itu bisa memunculkan error pada meteran listrik.
  2. Pemasangan Ground
    Kesalahan pemasangan Ground Listrik juga bisa menimbulkan error tulisan Periksa. Sebaiknya pasang ground sebelum pemasangan meter KWh.
  3. Listrik Bocor
    Selain ukuran kabel yang tidak standar, sambungan kabel yang longgar, atau terkelupas juga memungkinkan untuk menimbulkan Error.
  4. Tegangan Listrik Tak Stabil
    Kondisi tegangan listrik yang naik turun serta adanya gangguan jaringan juga berpotensi menimbulkan error tulisan periksa di meteran listrik.
  5. Tombol Temper
    Meteran listrik Prabayar memiliki sebuah tombol keamanan yang meproteksi meteran dari gangguan dari luar. Tombol ini akan berfungsi mengamankan meteran dari orang yang mencoba membuka meteran. Ketika cover dibuka maka otomatis tombol temper akan menyala dan terjadi Error periksa. Kasus ini yang banyak terjadi di pelanggan meter prabayar.

Cara Mengatasi Tulisan Periksa di Meteran Listrik Prabayar

Setelah kita mengetahui beberapa faktor penyebab munculnya Error Tulisan periksa di meteran Listrik, tentu kita tidak akan sembarangan dalam mengatasi error tersebut. Jika Anda menemukan masalah Error Periksa di Meteran Listrik, sebaiknya langsung hubungi pihak PLN melalui nomer 123. Sebab, Kemungkinan bisa jadi karena masalah teknis dan instalasi. Namun biasanya PLN akan memberikan kode reset temper meteran kepada anda berupa 20 digit. Jika kode reset meteran tersebut dimasukkan dan tulisan PERIKSA hilang, berarti yang error hanya meterannya saja bukan masalah instalasi.

Lalu berapa kode reset Temper Meteran Listrik Prabayar? untuk kode reset meteran/kode reset temper meteran berbeda beda tergantung meterannya, biasanya akan diminta nomer meteran oleh PLN, kemudian PLN akan menginfokan 20 digit kode meteran. Cara mengatasi tulisan periksa di meteran selanjutnya adalah dnegan memasukkan 20 digit kode reset temper tersebut kemudian tekan enter (seperti mengisi token listrik).

Cara Mengatasi Tulisan Periksa di Meter Listrik Dengan Kode Temper | adminTG | 4.5
error: Content is protected !!