Cara Memperlambat Meteran Listrik Digital Jadi Hemat

Cara memperlambat meteran listrik digital – membuat tagihan listrik menjadi hemat tentu merupakan idaman bagi setiap rumah tangga. apalagi di tahun ini tarif dasar listrik naik dua kali lipat seiring dicabutnya subsidi bagi pengguna listrik 450 watt dan 900 watt. Pencabutan subsidi listrik tersebut banyak dikeluhkan oleh para pengguna listrik rumah tangga khususnya bagi yang berlangganan listrik 900 Watt. Pasalnya, tagihan listrik jadi membengkak hingga dua kali lipat. Sehingga berimbas pula pada pengeluaran bulanan dan memangkas pos yang lain.

Kenaikan tarif dasar listrik hingga dua kali secara tidak langsung juga membuat beberapa harga kebutuhan menjadi naik, seperti biaya loundry, harga makanan dll. Nah bagi Anda yang selama ini tak menghiraukan penggunaan listrik rumah tangga, yang cenderung boros listrik, tentu harus melakukan penghematan agar tagihan listrik tidak jebol.

Cara Memperlambat Meteran Listrik Digital

Cara Memperlambat Meteran Listrik Digital

Ada banyak cara untuk menghemat listrik, bisa dnegan mengurangi penggunaan alat-alat listrik, mematikan alat listrik yang tidak digunakan, atau dengan efisiensi penggunaan. Namun yang banyak dicari justru cara memperlambat meteran listrik digital atau biasa. Memang, orang Indonesia tergolong “pinter” ingin mendapatkan harga murah tapi yang didapatkan tidak berkurang kalau bisa lebih. Begitu juga dengan listrik ini. Yang jadi pertanyaan sekarang adalah, apa ada cara untuk memperlambat meteran listrik? jawabannya ada. Lantas bagaimana caranya? akan kita bahas di bawah ini ;

Cara Memperlambat Meteran Listrik

Cara memperlambat meteran listrik sebenarnya bukan teknik baru, melainkan teknik lama yang sering digunakan oleh orang yang ingin mendapat pasokan listrik stabil, lancar jaya namun enggan untuk membayar lebih. Cara ini sebanarnya tidak dianjurkan karena merupakan salah satu cara “grey hat” kalau kata pebisnis online. Namun ternyata banyak yangshare juga. Oleh sebag itu pada postingan kali ini kami akan memberikan gambaran, tapi bukan tutorial cara memperlambat meteran listrik step-by step dan gambarnya (silakan cari di google).

Baca juga : Kode Meteran Listrik Semua Merk

Untuk memperlambat meteran listrik agar hemat terbagi dengan dua cara yaitu untuk meteran listrik biasa (analog) dan meteran digigat. Untuk meteran listrik biasa, cara memperlambat agar hemat tagihan biayanya adalah dengan memnggunakan jumper. Alat ini harus dimasukkan ke dalam meteran listrik (harus dengan cara membongkar terlebih dahulu) dan dilakukan oleh ahli listrik/teknisi. Cara ini cukup rawan karena meteran listrik jenis analog akan selalu dipantau setiap bulannya, jadi rawan tercyduk.

Baca juga : Cara Mengatasi Error Tulisan Periksa di Meteran Listrik

Sedangkan untuk cara memperlambat meteran listrik digital sedikit lebih aman, karena kita tahu meteran jenis pulsa ini tidak pernah dikontrol walaupun sesekali (misal sekali dalam setahun) pasti akan dilakukan pengecekan. Cara memperlambatnya adalah dengan menambahkan rangkaian penghemat listrik yang terdiri dari kapasitor Bank. Alat ini akan menjadi buffer ketika ada tarikan mendadak sehingga konsumsi pulsa akan sedikit lebih hemat. Namun hasilnya memang tak terlalu signifikan.

Baca juga : Cara Mengatasi Meteran Listrik Pulsa Bermasalah

Itulah cara memperlambat meteran listrik digital yang bisa Anda jadikan referensi. Sekedar saran saja, cara meenghemat pulsa listrik/pemakaiaan listrik yang paling efektif adalah membatasi penggunaan listrik serta memanage penggunaan seefisien mungkin.

Cara Memperlambat Meteran Listrik Digital Jadi Hemat | adminTG | 4.5
error: Content is protected !!